Tips Memilih Tripod yang Pas untuk Kamera Digital

Tripod yang Pas untuk Kamera Digital

Tripod tentu saja adalah aksesori wajib para fotografer. Peranti yang satu ini tidak kenal jaman, karena fungsinya dari dulu tetap sama yaitu sebagai kaki kamera. Saat ini banyak tripot yang dijual dipasaran dengan berbagai merek. Salah satunya yaitu Tripod Zhiyun, yang pastinya akan mendukung kamu dalam mengabadikan momen - momen berharga.

Akhir-akhir ini memang lebih ngetrend untuk selfie menggunakan tongsis untuk dipamerkan di medsos, namun dengan tripod akan memberikan hasil yang memuaskan serta memaksimalkan jepretan kamera apalagi bila kamu suka memotret pemkamungan selama liburan. 

Namun,memilih tripot yang pas untuk kamera kamu tidaklah sembarangan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti berikut ini.

Menentukan Ukuran Tripod
Dalam mencari ukuran tripod merupakan tips memilih tripod hendaknya disesuaikan dulu dengan peralatan fotografi yang telah ada. Ini merupakan tips memilih tripod yang pertama. Sebelum kamu membeli, cobalah untuk menghitung terlebih dahulu berat beberapa peralatan kamu, seperti body kamera, lensa terberat yang dipunyai, flash serta tripod head. 

Lalu carilah tripod dengan spesifikasi kapasitas beban sedikit diatas beban total. Banyak tripod yang beredar dipasaran dirancang agar kuat menahan beban berat, namun kalau peralatan yang kamu miliki ringan buat apa kamu mengeluarkan uang ekstra hanya untuk membeli tripod yang kapasitasnya jauh dari yang kamu butuhkan.

Sesuaikan Tripod Dengan Fungsi Pemakaian
Jika hanya untuk pemakaian jalan- jalan sebaiknya memilih tripod yang tidak besar serta ringan untuk dibawa kemana saja.  Jika kamu menggunakan kamera saku, ada baiknya tips memilih tripod dilakukan pada tripod yang lebih kecil, sedangkan bila menggunakan kamera DSLR profesional yang menggunakan lensa super panjang, sebaiknya menggunakan tripod yang besar dan kokoh.

Bahan Dasar Tripod
Perlu diketahui dalam tips memilih tripod, ada banyak bahan dasar yang dipakai pada tripod dan dijual di pasaran. Tripod yang harganya lebih murah umumnya menggunakan plastik sebagai bahan dasarnya. Sedangkan tripod yang lebih mahal menggunakan bahan dasar Alumunium, Magnesium Alloy atau bahan karbon lainnya. 

Tripod yang memakai bahan dasar palstik memang lebih ringan daripada karbon, akan tetapi itu mempengaruhi tripod itu sendiri. Biasanya tripod berbahan dasar plastik umumnya tidak kokoh dan cenderung mudah rusak dalam waktu dekat.

Kepala Tripod
Tripod yang baik adalah memiliki ball head yang terpisah dan juga bisa dipasang dan dilepas dengan mudahnya. Ini merupakan salah satu tips memilih tripod yang harus diingat. 

Ada 2 jenis kepala tripod yakni Pan- tilt Head dan Ball Head. Pan- tilt Head memungkinkan dudukan kamera digerakkan keatas dan kebawah, sedangkan Ball Head memungkinkan tripod bisa bergerak ke berbagai arah. Dan biasanya harga Ball Head tripod lebih mahal ketimbang Pan- tilt Head.

Kaki Tripod
Pada umumnya kaki tripod dapat berbentuk segitiga maupun tabung. Adapun bahannya, yang paling umum adalah aluminium hingga karbon. Jika kamu memilih karbon, tentu kamu bisa mendapatkan berat yang lebih ringan dan tidak kalah kokoh, tapi mahal. 

Pada sistem penguncian, biasanya ini menjadi pertimbangan lebih saat memilih tripod. Ada yang memilih model Clip, ada juga yang memilih model putar. Untuk model Clip, kelebihannya adalah pasti terkunci.

Sedangkan kekurangannya, adalah suka keras atau sakit untuk menutupnya, serta kemungkinan patah. Untuk model putar/ulir, kelebihannya adalah lebih santai saat mengunci atau tidak sakit dan tidak berisiko patah. 

Sedangkan kekurangannya adalah kadang kita tidak tahu apakah sudah terkunci dengan benar atau belum, serta kadang memutarnya memakan waktu dibanding model clip.

0 komentar:

Posting Komentar