Begini Cara Klaim Asuransi Prudential Pruprime Healthcare Untuk Perawatan di Rumah Sakit Luar Negeri

Cara Klaim Asuransi Prudential

Prudential memiliki produk asuransi kesehatan yang bisa digunakan di hampir semua rumah sakit yang ada di seluruh dunia, yaitu produk PRUprime Healthcare. Pemilik asuransi kesehatan ini bisa memilih rumah sakit yang ada di luar negeri untuk perawatan medis yang akan dilakukan. Cara klaim asuransi Prudential ini pun tidak hanya dengan metode reimbursement, namun juga bisa menggunakan fasilitas cashless.

PRUprime Healthcare juga memiliki produk asuransi tambahan (rider) yang juga bisa digunakan di seluruh rumah sakit di dunia sesuai dengan rencana yang dipilih. Riders ini mencakup perawatan medis karena penyakit kanker dan juga hemodialisis atau cuci darah.

Langkah mengajukan dan cara klaim asuransi Prudential di rumah sakit luar negeri untuk pemilik asuransi PRUprime Healthcare (PPH) :
  1. Lakukan konfirmasi kepada administrator pihak ketiga atau disebut dengan Third Party Administrator (TPA) melalui sambungan telepon di rumah sakit selambat-lambatnya dalam waktu 2x24 jam sebelum melakukan perawatan. Hal-hal yang perlu dikonfirmasi adalah sebagai berikut :
    • Memastikan status polis dan manfaat asuransi tambahan PPH masih aktif
    • Memastikan rumah sakit yang dituju untuk perawatan merupakan rekanan dari Prudential
    • Memastikan masa tunggu untuk perawatan dan kondisi medis sudah berakhir
    • Menginformasikan mengenai perawatan yang telah dijalani sebelumnya
    • Menginformasikan mengenai nomor polis, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan alamat surel
  2. Administrator pihak ketiga atau TPA akan melakukan verifikasi dan mengirimkan dokumen client consent ke alamat surel yang sudah diinformasikan. Kamu perlu mengirimkan kembali dokumen tersebut setelah diisi dengan benar dan lengkap disertai dengan scanned passport. Semakin cepat kamu mengirimkan kembali dokumen tersebut, semakin cepat proses yang berjalan.
  3. TPA akan mengkonfirmasi jadwal perawatan di rumah sakit luar negeri yang dituju. Setelah jadwal disetujui oleh pihak rumah sakit, pihak TPA akan melanjutkan informasi tersebut kepada kamu.
  4. Jika pada pemeriksaan menghasilkan perlunya tindakan medis yang harus dilakukan, pihak rumah sakit akan melakukan konfirmasi dengan mengirimkan dokumen medis awal lengkap kepada TPA terkait penjaminan atas biaya rawat inap. Kemudian TPA akan mengeluarkan Letter of Guarantee. Diterbitkannya surat ini menjadi bukti awal proses penjaminan dimulai.
  5. Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya selisih biaya atas manfaat yang diperoleh di luar polis, TPA akan meminta kartu kredit sebagai jaminan. Jika ada selisih biaya, akan dibayarkan menggunakan kartu kredit tersebut. Jika tidak ada biaya tambahan diluar manfaat yang seharusnya diterima, maka kartu kredit tidak akan digunakan.
Demikian langkah-langkah dan cara klaim asuransi Prudential untuk perawatan di rumah sakit luar negeri. Kamu bisa menggunakan fasilitas cashless di rumah sakit yang ada di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Untuk akses rumah sakit yang ada di seluruh dunia, kamu bisa mengaturnya pada saat perencanaan polis.

0 komentar:

Posting Komentar